METODE PEMBELAJARAN


Kegiatan belajar di PAUD AL FAJRI dibagi menjadi tiga kelompok,yaitu:
  • Kelompok A Usia 3 – 4 Tahun
  • Kelompok B Usia 4 – 5 Tahun
  • Kelompok C Usia 5 – 6 Tahun
Masing – masing kelompok dibagi maksimal 10-15 anak perkelompok yang akan di bimbing oleh 1 orang guru,di tambah 1 guru yang mengajarkan Iqro.

Kegiatan pengajaran dilakukan dengan METODE SENTRA terdapat 5 Sentra :

  1. SENTRA IMTAQ (Iman dan Taqwa) 
  2. SENTRA BAHAN ALAM
  3. SENTRA MAIN PERAN
  4. SENTRA PERSIAPAN
  5. SENTRA LITERASI 


Kegiatan Belajar Mengajar mencakup 7 aspek Perkembangan Anak :
  1. Kecerdasan berbahasa ( linguistic intelligence ). Kemampuan berbahasa dalam berbicara
  2. Kemampuan menganalisa ( logical mathematical intelligence ). Meliputi kemampuan menganalisa masalah dengan logis,operasional matematik dan    menginvestigasi masalah secara ilmiah
  3. Kemampuan musik ( musical intelligence ). Kemampuan dalam penampilan (performance), komposisi dan apresiasi bentuk – bentuk musik
  4. Kemampuan menggunakan seluruh bagian tubuh ( bodily kinesthetic intelligence ).   Kemampuan melakukan suatu gerak yang menghasilkan produk ( pertunjukan )
  5. Kemampuan memanipulasi gambar ( spatial intelligence ). Kemampuan didalam memahami gambar dan ruang
  6. Kemampuan mengerti maksud,motivasi,hasrat orang lain ( interpersonal intelligence). Kemampuan dalam bekerja sama dengan orang lain,mengerti maksud yang disampaikan oleh orang lain
  7. Kemampuan mengerti diri sendiri ( intrapersonal intelligence ). Memahami keinginan,maksud,ketakutan yang ada didalam diri.Bisa bekerja sendiri dengan efektif,dapat mengontrol dirinya.
Ke 7 aspek tersebut dilengkapi dengan Nilai Moral Agama ( Spiritual Intellingence ) Islam yang tercangkup dalam Kegiatan Iman dan Taqwa (IMTAQ) yang direalisasikan dalam kegiatan sehari-hari anak didik dengan tujuan membentuk karakter anak sejak usia dini sebagai muatan Lokal di PAUD AL FAJRI. 



BDR PAUD AL FAJRI TOPIK KENTANG