Senin, 01 Juni 2020

KEGIATAN RAMADHAN 1414 H


Pelaksanaan Amaliyah Ramadhan atau Kegiatan di bulan Ramadhan rutin dilakukan di Paud AL Fajri setiap tahunnya. Pada kegiatan yang dilakukan selama lima hari ini (4-8 Juni 2020) anak2 dikenalkan tentang apa itu puasa, bagaimana niat puasa, bagaimana berdoa saat berbuka, amalan apa saja saat bulan ramadhan, dll seputar Ramadhan. 

Pada tahun 1414 H/2020 M kegiatan Amaliyah Ramadhan dalam situasi social distancing (pembatasan interaksi sosial) sudah dipastikan sangat berbeda. Meski guru tetap memberikan tema atau petunjuk tentang kegiatan Amaliyah Ramadhan untuk mempermudah orang tua melakukan kegiatan bersama anak  tetapi karena guru tidak dapat berinteraksi secara langsung maka peran dan kerjasama orang tua sangat penting dalam kegiatan amaliyah Ramadhan kali ini. Kegiatan kali ini dibagi menjadi 2 sub tema besar yaitu habluminallah dan habluminannash. 


Kegiatan habluminallah anak2 diajak untuk melakukan amalan yang terkait dengan Allah SWT dimulai untuk melafazkan doa niat puasa - berbuka puasa, tadarus, shalat (ini bebas bisa tarawih, shalat dhuha atau shalat wajib) tergantung orang tua mengajaknya. 
Kegiatan habluminannash anak2 diajak untuk melakukan amalan yang berhubungan dengan manusia, seperti membantu orang tua, shadakah/beramal kepada tetangga, teman, dll. 
Diakhir kegiatan anak2 di tugaskan untuk menggambar bebas tetap dengan tema Ramadhan dan Idul Fitri. 

Anak-anak ini dikategorikan Anak Usia Dini tetapi inilah masa emas bagi mereka untuk menyerap ilmu sebanyak mungkin. Terutama pengamalan-pengalaman agama Islam sebagai agama yang mereka anut. Pembiasaan kegiatan /amalan2 pada bulan Ramadhan sangat penting baik secara langsung mereka lakukan atau seringnya orang tua melafazkan bacaan2 doa sehari-hari. Memori bawah sadar mereka akan menyerapnya dan mengingatnya terus hingga dewasa ketika mereka menerima/mendengar bacaan doa, surat-surat pendek, dll mereka untuk merewind kembali. Mungkin saat ini mereka masih terseok2 saat melafazkan tetapi dengan bimbingan dan peran orang tua yang kuat untuk dengan mengajak anak untuk melakukannya insyaallah mereka dapat menjadi anak2 berkarakter percaya diri dan tidak mudah menyerah menghadapi kehidupan. 

Alhamdulillah pelaksanaan Amaliyah Ramadhan tahun ini kami mendapatkan informasi dari orang tua bahwa beberapa anak sudah mulai belajar puasa Ramadhan, bahkan dari awal puasa mereka bersemangat untuk berpuasa full. 

Bagaimana mereka melakukan kegiatan amaliyah Ramadhan di rumah ? dapat terlihat di video kami, ada yang sudah lancar ada yang masih dibimbing orang tua, tapi ekspresi mereka tetap bahagia dan semangat untuk melakukannya. 

Kami Keluarga Besar PAUD AL FAJRI mengucapkan :
Taqaballahu minna wa mingkum, taqaballahu yaa kariem. 
Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BDR PAUD AL FAJRI TOPIK KENTANG